Kamis, 04 Oktober 2012

Gmail vs Yahoo! Mail




Banyak orang yang memiliki email lebih dari satu. Jika kita mau membandingkan, misalnya mereka mempunyai dua email berbeda, yaitu Gmail dan Yahoo! Mail. Meskipun keduanya menyediakan fasilitas email gratis bagi kita, tapi tidak bisa dipungkiri kita tetap memilih dimana sebaiknya kita berpijak dan lebih enjoy dalam menggunakannya.

Berikut ini beberapa perbedaan antara Gmail dan Yahoo! Mail:
Attach File
Pada Gmail attach file bisa langsung dilakukan di halaman yang sama ketika kita mau mengirim email. Sedangkan pada Yahoo! Mail, kita harus membuka halaman yang berbeda untuk melakukan attach file. Kemudian jika kita ingin attact file lebih dari satu file, kita perlu melakukan klik tambah attach untuk memasukkan file kita. Pada beberapa orang hal ini dianggap kurang praktis.

Instan Massenger
Gmail tidaklah mempunyai fasilitas IM yang berada pada halaman email. Sedangkan Yahoo! Mail, IM berada pada halaman email. Hal ini memungkinkan untuk selalu bisa mengikuti update informasi dari teman-teman kamu. Namun terkadang hal ini justru menjadi gangguan bagi sebagian orang karena page-load menjadi sangat lama.

Buku Email (Address Book)
Pada Gmail, ketika kita melakukan sent email, maka alamat email akan otomatis masuk kedalam kotak email, kecuali kita menghapusnya. Sedangkan pada Yahoo! Mail, kita harus manual melakukan save alamat email kedalam buku email.

Membalas Email
Pada Gmail disaat kita ingin membalas email, maka balasan email tersebut akan masuk dibawah email yang pertama. Ini memudahkan untuk melacak percakapan-percakapan kita sebelumnya. Sementara pada Yahoo! Mail, balasan email berdiri sendiri  dan tidak menjadi satu yaitu berada pada folder sent.

Folder Spam
Pada Gmail, email yang termasuk spam akan otomatis masuk ke folder spam, dan biasanya spam ini adalah email yang berisi marketing. Sedangkan pada Yahoo! Mail, hampir lebih hebat daripada Gmail karena email yang tidak dikenal juga bisa masuk ke spam. Akibatnya jika kita memperoleh email yang baru, penting dan terus menerus bisa masuk kedalam folder spam, karena dianggap sebagai spam.

Kecepatan
Jika dilihat dari segi kecepatan, harus diakui bahwa Gmail lebih cepat daripada Yahoo! mail. Pada saat kita berada pada halaman account Gmail, maka kita tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat apakah ada Email masuk atau tidak. Sedangkan Yahoo! mail, terkadang kita perlu me-refresh halaman kembali untuk melihat apakah ada Email baru yang masuk.

Kapasitas
Gmail memiliki kapasitas penyimpanan atau storage email yang terbatas. Sedangkan pada Yahoo Mail mendapatkan nilai plus karena memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas.

Iklan
Tampilan iklan memang merupakan suatu hal yang biasa tampil pada fasilitas gratisan. Begitupun pada Gmail dan Yahoo! Mail, namun bedanya iklan yang ditampilkan di Gmail dibatasi untuk pesan teks saja, sedangkan pada Yahoo! Mail sering muncul iklan gambar yang sangat mencolok sehingga dapat menggangu kenyamanan pengguna.

Tampilan
Untuk tampilan, beberapa orang beranggapan bahwa Yahoo! Mail lebih user-friendly dibandingkan dengan Gmail dan sangat mudah untuk dipelajari oleh orang awam sekalipun.

Lain-lain
Untuk Gmail pengguna dapat menggunakannya secara independen, tak terhubung ke Internet, atau mengakses desktop melalui software email seperti Outlook, Windows Mail atau Apple Mail. Untuk Yahoo! mail anda bisa mengupgradenya ke Yahoo! Mail Plus dengan USD20 per tahun untuk menghindari kekurangan di atas. Versi dibayar ini juga menambahkan dukungan POP, yang memungkinkan pengguna untuk meneruskan email ke account lain.

Itulah perbedaan yang ada antara Gmail dengan Yahoo! Mail, semoga dengan membaca tulisan ini anda dapat menentukan pilihan anda dalam menggunakan salah satu dari dua email gratis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar