Rabu, 24 April 2013

5 Aplikasi Instan Messenger Terpopuler pada Android


Salah satu fenomena setelah muncul bermacam-macam smartphone adalah semakin larisnya Instan Messenger (IM). Tidak dipungkiri sih penggunaan IM jauh lebih efektif, cepat, mudah dan relatif hemat daripada berkomunikasi text messenger secara konvensional dengan SMS. Di Blackberry dan iPhone justru malah punya produk sendiri buat layanan satu ini, seperti BBM pada Blackberry atau iMessage pada iPhone. Terbukti di Blackberry, BBM menjadi komoditas utama dan yang paling banyak dicari khususnya untuk pengguna Blackberry di Indonesia.
Di Android, memang tidak ada layanan eksklusif untuk service IM ini namun jangan salah di Google play saat ini sudah tersedia puluhan aplikasi IM yang gak kalah keren sama BBM atau iMessage. Apa saja itu, berikut 5 aplikasi pilihan IM dari Aplikanologi.

WhatApps


Banyak yang beranggapan kalo aplikasi WhatApps ini termasuk salah satu aplikasi wajib bagi pengguna Android. Cross-platform lah yang menjadikan WhatsApp ini menjadi pilihan penggunanya, karena WhatsApp ini menjangkau hampir semua pengguna Smartphone seperti Android, IPhone, Blackberry, atau Windows Phone. Kepraktisan yang ditawarkan pun menjadikan WhatsApp semakin juara. Kita tak perlu melakukan add/invite contact ke WhatsApp karena aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi contact nomer telpon di Android kamu dan akan memasukkan pengguna yang memasang aplikasi WhatsApp di WhatsApp Contact. Hal ini bisa terjadi karena whatApps menggunakan ID nomer telpon, bukan PIN atau yang lainnya.
Secara tampilan aplikasi ini sangat simple, namun secara fitur aplikasi ini luar biasa sebut saja fitur-fitur pendukung seperti GroupChat, Fitur send picture, audio, video, contact, dan juga Map Location membuat aplikasi ini semakin keren. Satu lagi load ringan dan stabil membuat aplikasi ini menjadi salah satu IM terbaik di Android untuk saat ini.

Line


Tidak jauh beda dengan WhatsApp aplikasi ini juga menggunakan Nomer Handphone sebagai ID-usernya, model Chatnya pun hampir sama, kamu bisa melakukan Personal Chat ataupun membuat Group Chat untuk conversation chat berjamaah. Pada Line ini terdapat fitur Voice Call yang dapat kamu gunakan untuk menelpon temen Line kamu. Namun tentu saja kamu harus mempunyai koneksi yang joss untuk melakukan Voice Call ini, kalo koneksi kamu ngga joss ya suaranya ngga jelas bahkan mungkin akan terputus dengan sendirinya.
Yang spesial dari Line ini adalah fiturnya yang bisa dikatakan lebih canggih daripada IM lainnya, fitur canggih itu misalnya add friend hanya dengan men-shake atau menggoyang-nggoyangkan device secara bersamaan dengan teman yang akan kamu invite, dan disaat itu secara otomatis contact temen kamu akan dimasukkan kedalam contact Line. Barcode Scan juga terdapat pada aplikasi ini untuk meng-invite contact lain.
Kelebihannya, Line menyediakan banyak pilihan Emoticon yang disebut Sticker, entah kenapa aplikasi ini membuat nama kategori sendiri untuk IM Smiley. Yang jelas sticker yang lucu-lucu dan unyu-unyu nggilani ini akan membuatmu betah menggunakan Line, bahkan mungkin kamu hanya akan melakukan send Sticker aja daripada melakukan Chat.
Kekurangannya, aplikasi ini sering ada delay ketika digunakan, jadi menjadi kurang yahud terutama untuk komunikasi yang sifatnya mendesak.

WeChat


Sama dengan kedua aplikasi IM diatas, WeChat juga menggunakan nomer telepon sebagai ID. Kelebihannya, aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur didalamnya. WeChat ini selain di desain untuk sekedar Instant Messanger sepertinya didesain juga untuk menjadi semacam social media baru. sedikit aneh, tapi kenyataannya WeChat mampu menghadirkan gaya komunikasi baru yang belum ada duanya.
Aplikasi ini selain bisa chating kita juga bisa menggunakan menu Social yang di dalamnya terdapat fitur Moments yang bentuknya mirip-mirip dengan Path, pada bagian Moments ini kamu dapat meng-upload foto, menge-like foto dan sekaligus memberikan komentar ke foto-foto yang di upload oleh teman kamu yang sudah ada di list WeChat. Ngga tanggung-tanggun di bagian Upload Photo inipun terdapat fitur Photo Filter yang mirip kaya Instagram, dengan Photo Filter ini kamu dapat mengedit tampilan foto sesuai dengan keinginan kamu.
Dan masih bejibun lagi fitur pada aplikasi ini, yang kalo dibahas disini bisa gak kelar-kelar. Sayangnya dengan fitur seperti diatas, membuat aplikasi ini jadi berat dan lumayan besar sekitar 10MB. Menilik dari segi efisiensi aplikasi WeChat sebagai IM juga jadi kurang, karena fitur-fiturnya bisa membuat pengguna menjadi kurang fokus.

Viber


Satu pilihan lain untuk IM adalah aplikasi Viber ini. Salah satu aplikasi IM yang bisa buat voice call, aplikasi yang udah punya pengguna lebih dari 40 juta di seluruh dunia ini mengklaim punya fitur VOIP (Voice Over Internet Protocol) yang ciamik. Suaranya sebening embun pagi mungkin ya.
Fitur yang diandalkan Viber emang voice call-nya kalo kita punya koneksi tingkat dewa bisa dapet HD sound quality yang katanya jauh lebih enak didenger daripada suara telpon konvensional. Nah ini yang jadi masalah buat pengguna di Indonesia, secara kita tau kualitas koneksi internet belum mumpuni kayak punya orang-orang bule nan jauh di sana. Kalo mau menikmati telpon dengan suara HD mesti nyati hotspot yang kenceng dulu, itu aja lawan telponnya juga harus pake koneksi kenceng juga. Viber juga bisa buat ngirim foto lewat messenger.
Sama kayak aplikasi IM di Android lainnya, kontak yang dipake adalah kontak handphone, tanda pengenalnya nomor HP. Misalnya udah ada temen di kontak yang udah pake Viber maka temen kamu itu otomatis masuk ke dalam kontak Viber.

Cubie Messenger


Rekomendasi aplikasi IM terakhir adalah Cubie messenger. Secara umum fitur yang ada pada aplikasi nggak jauh beda dengan apa yang ada di Line, selain teks juga ada fitur stiker buat kirim gambar gambar lucu, juga ada voice note, smiley, musik, gambar dan lain-lain selayaknya aplikasi messenger. Kelebihannya dengan aplikasi messenger ini kita bisa share langsung coretan atau gambar yang kita bikin sendiri.
Berbeda dengan ke-empat aplikasi sebelumnya pada Cubie Messenger ini kita musti generate PIN dulu sebagai ID, agak repot sih tapi lebih aman untuk membatasi privacy. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar