Kamis, 17 Januari 2013

Group Desicion Support System (GDSS)


A.    Pengertian GDSS.
Salah satu definisi GDSS adalah sistem berbasis komputer interaktif yang memfasilitasi solusi masalah-masalah tak terstruktur oleh grup pengambil keputusan. Komponenkomponen GDSS meliputi hardware, software, orang, dan prosedur.

B.     Ciri terpenting GDSS adalah:
  • GDSS sistem informasi yang didesain khusus, bukan sekedar konfigurasi komponen sistem yang telah ada.
  • GDSS didesain dengan tujuan mendukung grup pengambil keputusan dalam pekerjaannya. Maka GDSS harus meningkatkan proses pengambilan keputusan dan/atau hasil keputusan grup dibandingkan dengan keadaan tak menggunakan GDSS.
  • GDSS mudah untuk dipelajari dan digunakan.
  • GDSS bisa didesain untuk 1 jenis masalah atau untuk berbagai keputusan organisasional level grup.
  • GDSS didesain untuk mendorong bermacam-macam aktivitas seperti peneluran ide, penyelesaian konflik, dan kebebasan berekspresi.
  • GDSS memiliki mekanisme ikutan yang mengecilkan berkembangnya perilaku negatif grup, seperti konflik yang merusak, miskomunikasi, atau groupthink .

C.    Tujuan dan Level-level GDSS.
  • Tujuan dari GDSS adalah untuk meningkatkan produktivitas dan keefektivan pertemuan-pertemuan untuk pengambilan keputusan, baik dengan mempercepat proses pengambilan keputusan atau dengan meningkatkan kualitas keputusan yang dihasilkan.
  • Tujuan tadi dapat diperoleh dengan menyediakan dukungan pada pertukaran ide, opini, dan preferensi dalam grup.
GDSS dapat meningkatkan keuntungan-keuntungan proses seperti di bawah ini:
  • Mendukung pemrosesan pararel dari peneluran informasi dan ide oleh partisipan.
  • Mengijinkan grup yang lebih besar dengan informasi, knowledge, dan ketrampilan yang lebih komplit untuk berpartisipasi dalam pertemuan yang sama.
  • Mengijinkan grup untuk menggunakan teknik dan metode terstruktur ataupun tak terstruktur untuk menampilkan task/tugas.
  • Menawarkan akses cepat dan mudah ke informasi eksternal.
  • Mengijinkan diskusi komputer yang tak berurutan (tak seperti diskusi verbal, diskusi komputer tak mesti harus serial atau berurutan).
  • Membantu partisipan berhubungan dengan gambaran yang lebih besar.
  • Menghasilkan hasil pemungutan suara anonymous (tanpa nama) instan (ringkasanringkasan).
  • Menyediakan struktur untuk merencanakan proses yang menjaga grup tetap di jalurnya.
  • Mengijinkan beberapa user berinteraksi secara bersamaan.
  • Mencatat semua informasi secara otomatis yang berlalu lalang dalam sistem untuk analisis lebih lanjut (mengembangkan ingatan organisasi).
Teknologi GDSS dibagi menjadi 3 level:
  • Level 1: Dukungan proses.
  • Level 2: Dukungan pengambilan keputusan.
  • Level 3: Aturan penugasan (rules of order).
Level 1: Dukungan Proses.
Item yang didukung oleh sistem ini:
  • Pengiriman pesan/message elektronik diantara para anggota grup.
  • Hubungan jaringan ke setiap terminal PC anggota pada anggota grup yang lain, fasilitator, layar buat publik, database, atau sembarang CBIS umum lainnya.
  • Layar buat publik tersedia di setiap terminal anggota grup atau dapat dilihat oleh semua anggota di pusat.
  • Masukan dalam hal pemungutan suara dan ide yang terlindungi siapa pencetusnya untuk meningkatkan partisipasi anggota grup.
  • Pengumpulan ide atau pemungutan suara dari setiap anggota grup untuk mendorong partisipasi dan merangsang kreativitas.
  • Penyimpulan dan penampilan ide dan opini, termasuk ringkasan secara statistik dan penampilan jalannya pemungutan suara (pada layar publik).
  • Satu format untuk agenda yang dapat disetujui oleh grup untuk membantu organisasi pertemuan.
  • Menampilkan agenda secara kontinyu, seperti halnya informasi yang lain, untuk menjaga pertemuan tetap pada jadwalnya.
Level 2: Dukungan Pengambilan Keputusan.
Pada level ini software ditambahi kemampuan dalam pemodelan dan analisis keputusan. Fiturnya:
  • Perencanaan dan model keuangan.
  • Pohon keputusan.
  • Model probabilitas penilaian.
  • Model alokasi sumber daya.
  • Model pertimbangan sosial.

Struktur GDSS pada level 2 ini dapat digambarkan seperti bagan berikut ini:


Level 3: Aturan Penugasan.
Pada level ini suatu software khusus ditambahi dengan aturan penugasan. Misal, beberapa aturan dapat menentukan urutan pembicaraan, tanggapan yang sesuai, atau aturan pemungutan suara.

D.    Teknologi GDSS.
Hardware.
  • PC tunggal.
  • PC dan keypad (papan kunci untuk pemungutan suara).
  • Ruang keputusan.
  • GDSS terdistribusi.
Software.
  • Software GDSS memiliki paket yang mendukung perseorangan, grup, proses, dan tugas-tugas khusus.
  • Komponen software GDSS melibatkan paket khusus untuk meningkatkan proses pengambilan keputusan dan ia memiliki antarmuka user yang mudah digunakan dan feksibel.
  • Software ini mengijinkan individu bekerja sendiri-sendiri; menyediakan juga koleksi umum teks dan pembuatan file, grafis, lembar kerja, database, dan rutin help pada terminal perseorangan.

3 komentar: