Jumat, 18 Januari 2013

Prinsip Kerja Web Browser


Dalam surfing di internet atau lebih dikenal dengan browsing, mengakses suatu situs web menggunakan browser. Di dunia internet dikenal banyak browser yaitu mozzila firefox, google chrome, safari dan karena di Indonesia sendiri banyak yang menggunakan Operasi Sistem Windows lebih sering menggunakan Internet Explorer.
Prinsip kerja semua browser hampir sama, yang akan dibahas di sini adalah prinsip dasar web browser. Dalam bentuk diagram di jelaskan sebagai berikut :

Gambar 1. Blok diagram prinsip dasar browsing

Secara kronologis urutan proses pada diagram diatas adalah:
  1. User membuka alamat website pada browser
  2. Browser mengirim HTTP Request ke server
  3. Server merespon HTTP Request dari browser
  4. Server mengirim HTTP Response ke browser
  5. Browser menampilkan halaman website kepada user

Sebernarnya prinsipnya adalah mengirimkan permintaan kepada web server yang disebut http request, kemudian menerima kiriman dari web server (http response). Yang dimaksud disini http adalah Hypertext Transfer Protocol atau suatu protocol yang digunakan sebagai alat transfer dokumen atau halaman dari WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan dapat diformat dan dikirimkan dari client ke server atau sebaliknya. HTTP mengatur aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.
Hal ini dapat dicontohkan sebagai berikut :

Gambar 2. Gambar kotak dialog mozzila firefox

Pada saat kotak address mozzila diketikkan alamat url www.google.com dan kemudian dienter atau diklik go maka mozzila mengirimkan http request kepada web server yang mempunyai nama www.google.com, kemudian komputer server akan menerima request dari mozzila. Dan setelah menerima request maka server akan mengirimkan response berupa halaman web  yang pada saat browser menampilkan gambar keterangan atau informasi. Informasi yang ditampilkan oleh browser tersebut berupa file html (Hypertext Markup Language). Html ialah protocol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke dalam browser.

Gambar 3. Proses perjalanan data

Informasi kemudian dikirimkan kembali menuju browser client. Yang ditampilkan sebagai contoh adalah berikut ini :


Gambar 4. Tampilan http respon dari alamat url www.google.com

Pada alamat url tersebut mempunyai IP address, IP address ini digunakan untuk memberikan alamat logika pada sebuah computer atau perangkat dalam suatu jaringan. Sehingga kesimpulannya pada saat url www.google.com diakses maka browser menuju ke alamat IP www.google.com tersebut, untuk google sendiri mempunyai IP 74.125.39.104.
Dalam IP address ini memiliki 2 bagian yaitu digunakan untuk identitas jaringan dan identitas host karena disini pembahasan lebih kepada prinsip kerja web browser maka untuk IP address tidak dibahas secara mendalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar