Rabu, 16 Januari 2013

Perbedaan Microsoft Office dan Open Office



Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan istilah ''Microsoft office dan open office'', software ini merupakan sebuah perangkat lunak perkantoran yang di pakai untuk menulis, menginput, menyimpan, mengirim, menghitung, pengolahan kata (wordprocessing), pengolah lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar(drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, dan    formula editing.
Open office merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis linux dan yang di dalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing) ,pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan yang dapat diperoleh secara gratis. sedangkan microsoft office merupakan sebuah perngkat lunak (software) perkantoran yang berbasis windows dan yang di dalamnya memuat fungsi pengolah kata (wordprocessing), pengolah lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolah data, web editor, databes, serta formula editing dan tidak dapat diperoleh secara geratis. dilihat dari masing-masing pengertian diatas dapat di simpulkan abhwa fungsi dari microsoft office dengan open office sama, yaitu berfungsi sebagai software yang dapat mengolah kata, pengolahan lembar kerja,pembuatan gambar, pembuatan presentasi,pengolah data, web editor, databes, serta formula editing.
Perbedaan Open office dengan Microsoft office:
  1. Harga, open office bisa di download secara geratis dan legal, sedangkan microsoft office untuk versi legalnya pun harus bayar lebih.
  2. Ketersediaan, open office tersedia untuk segala macam sistem operasi, dari linux, windows, sampai mac, sedangkan microsoft office hanya tersedia untuk microsoft dan mac saja
  3. Kompatibilitas, open office punya format pribadi : .ods , sedangkan microsoft office dengan .doc , .ppt , atau .xls . open office bisa dibuka file-file ms office, bahkan yang .docx, .pptx, dan .xlsx (format office 2007 ke atas), sedangkan microsoft office tidak bisa sama sekali
  4. Kelengkapan dan kemudahan, dalam hal ini microsoftoffice menang, karena memang orang'' indo lebih familiar dengan yang namanya microsoft,baik o/s nya maupun office suitenya.  jadi aklum saja jika banyak font-font microsoft office kadang tidak bisa dibaca oleh open office, terutama di linux / mac.
  5. Penggunaan mail marge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail marge ms.office.
  6. Open office dapat menghasilan file PDF, sedangkan microsoft office harus menggunakan plugin.
  7. Pada open office kita akan di sediakan berbagai fitur-fitur yang menarik dan lengkap sehingga memudahkan kita, sedangkan pada microsoft office masih banyak kekurangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar